Fitur baru,
yang telah dikabarkan di industri musik selama berbulan-bulan, pelanggan akan diberikan
akses terhadap layanan Perdana Amazon untuk ribuan lagu gratis dan tanpa
gangguan dari iklan. Tapi itu akan menghilangkan sebagian besar rilis baru, dan
tidak akan menyertakan katalog dari Universal Music Group, perusahaan musik
terbesar di dunia.
Amazon
adalah salah satu penyedia layanan download musik terbesar, menambah fitur
streaming sebagai pemanis bagi pelanggan Prime nya dengan biaya langganan
dinaikkan menjadi $ 99 dari $ 79 pada tahun ini. Pelanggan utama mendapatkan
gratis biaya pengiriman atas perintah dan fasilitas lainnya seperti akses
gratis ke beberapa film dan acara televisi. Fitur musik yang baru akan
menawarkan berbagai pilihan namun terbatas judul, dan untuk sebagian besar
tidak akan mencakup hit saat ini.
Seorang juru
bicara Amazon tidak segera menanggapi permintaan untuk komentar pada hari Rabu.
Jeffrey P.
Bezos, kepala Amazon, yang memiliki sekitar 20 juta pelanggan Prime yang akan
mendapatkan layanan musik baru.
Negosiasi
lisensi dengan label rekaman dan penerbit musik dimulai sekitar enam bulan yang
lalu, tapi diperlambat oleh perselisihan keuangan yang banyak perusahaan musik
dianggapnya rendah.
Amazon
mengatakan kepada label yang paling kecil untuk perjanjian lisensi satu tahun
mereka akan menawarkan saham senilai $ 5 juta royalti kolam renang, yang akan
dibagi dengan formula pangsa pasar pilihan Amazon, menurut dua orang yang
terlibat dalam negosiasi. Label besar dan distributor yang lebih besar
ditawarkan pembayaran satu kali untuk satu tahun untuk akses ke judul tertentu.
Amazon awalnya ditawarkan biaya total sekitar $ 25 juta, tapi tidak jelas
apakah angka itu berubah dalam negosiasi.
Sony dan
Warner Music, dua dari tiga label besar, telah menandatangani kesepakatan
tersebut. Tapi Universal, yang meliputi katalog bintang seperti Lady Gaga, Katy
Perry dan Kanye West, tidak mencapai kesepakatan dengan Amazon.
Setelah
kontrak yang diusulkan Amazon untuk hak lagu ditolak oleh banyak penerbit
musik, perusahaan menggunakan perusahaan luar untuk mendapatkan
"wajib" lisensi melalui ketentuan hak cipta federal. Proses yang
umum, tetapi menyiratkan bahwa Amazon terbatas untuk dapat menggunakan lagu-lagu
tersebut.
Dengan
katalog yang relatif kecil, layanan Amazon tidak dilihat sebagai ancaman utama
bagi perusahaan seperti Spotify, Rhapsody dan Beats, yang menawarkan jutaan
lagu. Tapi ukuran tipis Amazon memberikan keuntungan besar. Perusahaan ini
baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah mencapai 244 juta rekening nasabah
aktif, dan diperkirakan memiliki lebih dari 20 juta pelanggan Prime.
Skala Amazon
dapat membantu mencapai jutaan konsumen musik kasual yang masih ragu-ragu untuk
mendaftar dilayanan streaming. Konsumen menjadi perhatian besar bagi industri
musik sebagai pasar streaming dan secara bertahap menggantikan CD dan download
sebagai cara kebanyakan orang mendengarkan musik.
Post a Comment